Sempat Tertunda, Akhirnya Awal Mifta Resmi di Lantik Jadi Ketua KNPI Soppeng

Bagikan Berita
Ketua DPD I KNPI SulSel H.A.Muh.Arham Basmin, menyerahkan bendera petaka kepada Ketua DPD II KNPI Kabupaten Soppeng, Awal Mifta Ridha. Sabtu (20/03/2021)

MajalahPro.Co.Id, Soppeng – Akhirnya, Ketua Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia Kabupaten Soppeng (DPD II KNPI Soppeng) resmi dilantik, setelah berkali-kali tertunda akibat pandemi Covid-19 yang telah melanda Indonesia, Sabtu (20/03/2021).

Acara tersebut berlangsung dari pukul 09.00 – 12.00 WITA di Jalan Kesatria, gedung pertemuan masyarakat Soppeng. Kegiatan tersebut di hadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Soppeng, Ketua DPD I KNPI Provinsi Sulawesi Selatan beserta pengurus, para Anggota Forkopimda Kabupaten Soppeng, Kepala Badan Kesbangpol, Plt. Kadis Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Datu Soppeng, para Ketua OKP se Kabupaten Soppeng, para Ketua Ormas se Kabupaten Soppeng, dan pengurus DPD II KNPI Kabupaten Soppeng periode 2020 – 2023.

Dengan persiapan yang sangat matang dan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19, pelantikan dan Orientasi DPD II KNPI Kabupaten Soppeng, kali ini memiliki tema “Ikrar Pemuda Dalam Bingkai Yassisoppengi” Untuk mewujudkan Pemuda Berjaya, Soppeng Berjaya, berjalan lancar dan tertib sebagaimana mestinya.

Pembukaan acara yang dimeriahkan dengan menampilkan aksi tarian empat etnis, membuat nuansa kepemudaan di ruangan tersebut, semakin meriah untuk menyambut nafas baru pengurus DPD II KNPI Soppeng.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Soppeng, Awal Mifta Ridha saat diwawancarai, mengatakan saat ini kami sedang fokus dulu ke penguatan internal untuk membangun dan mendorong peran-peran OKP yang kaya akan potensi pemuda, dalam rangka pembangunan kepemudaan dan mayarakat Soppeng.

“KNPI akan menjadi parnetr strategis dan mitra yang baik bagi pemerintah, dalam mensukseskan program – program pembangunan kabupaten soppeng,”ucap Awal.

Selain itu ia katakan, kehadiran kita semua disini merupakan salah satu bentuk dukungan pemuda yang ada di Kabupaten Soppeng, karena sejatinya acara pelantikan ini sudah dijadwalkan akan dilaksanakan pada bulan Desember 2020 lalu, namun melihat kondisi pandemi Covid-19 saat ini, sehingga acara tersebut diundur.

Sementara Ketua DPD KNPI Sulawesi Selatan, H A.Muh. Arham Basmin menyampaikan, kenapa kita harus menjadi bagian dari KNPI, karena KNPI adalah orang yang memiliki semangat juang untuk menjadi bagian dari sistem tata kelola dan harus menjadi panutan bagi seluruh komponen kepemudaan di kabupaten Soppeng, yang menghadirkan kemaslahatan dan kesejahteraan di kabupaten Soppeng.

“Karena di setiap daerah tentu memiliki tantangan yang berbeda. Banyak forum yang harus dihadirkan untuk menjadi ruang komunikasi antara Pemuda dan pemerintah daerah yaitu melalui KNPI, kita harus responsif yang didasari dengan niat yang tulus dan data yang real,”katanya saat memberikan sambutan.

Ia tambahkan, Selama pandemi kami membetuk lembaga bantuan hukum, lembaga kesehatan dan lembaga siaga bencana, dimana dapat menghadapi setiap kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat, baik kesulitan kesehatan pendampingan hukum dan siaga bencana.

Lanjut dia, Kepada ketua yang baru dilantik diharapkan untuk memastikan bagaimana pengurus yang dilantik tadi mampu bertahan sampai akhir periode, mampu mengkolaborasi seluruh kelebihan-kelebihan dari masing-masing pengurusnya, serta mampu meyakinkan pemerintah bahwa, betul KNPI hadir untuk menjadi Mitra strategis bagi pemerintah daerah kabupaten Soppeng.

(Eps)