Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Appanang

Bagikan Berita

Soppeng, Majalahpro.Co.Id — Musrenbang adalah forum perencanaan (program) yang dilaksanakan oleh lembaga publik yaitu pemerintah keluarahan, bekerja sama dengan warga dan para pemangku kepentingan lainnya. Musrenbang yang bermakna akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan kelurahan, dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan yang tidak tersedia baik dari dalam maupun luar kelurahan. Musrenbang Kelurahan adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) kelurahan untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Kelurahan (RKP) tahun anggaran yang direncanakan. Musrenbang Kelurahan dilaksanakan setiap bulan Januari.

Pada hari Kamis, tanggal 03 Februari 2022 bertempat di Gedung Pertemuan Kelurahan Appanang Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan, telah dilaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kelurahan Appanang Tahun 2022 untuk Pembangunan Tahun 2023. Hadir pada kesempatan kali ini para Ketua RW se-Kelurahan Appanang, perwakilan kader Kelurahan Siaga (Kelsi), LPMK, Narasumber yang hadir secara langsung yaitu Bappeda, sedangkan OPD teknis. Acara yang digelar ditengah pandemi Covid-19 tetap memperhatikan aspek protokol kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Acara ini dibuka oleh sambutan Lurah Appanang, Andi Muh. Yunus, S.Sos, dilanjutkan sambutan dari pihak Kecamatan Liliriaja yang dalam hal ini di wakili Sekertaris Camat Andi Muhsin Rahmat, S.ip dilanjutkan dengan pemaparan oleh Nur Inayah dari Bappeda dilanjutkan Ketua LPMK Kelurahan Appanang Drs. Fahruddin dan yang terakhir pandangan umum dari Anggota DPRD Dapil Liliriaja Citta Mursalim,SE, Ir. Kadir. Para Peserta cukup antusias mengikuti kegiatan ini sampai dengan selesai.

Lurah Appanang Andi Muh. Yunus, S.Sos dalam Sambutanya mengatakan. Musrenbang Kelurahan ini bertujuan untuk menyerap usulan-usulan dari berbagai pihak untuk pembangunan Kelurahan Appanang menjadi lebih baik ujarnya.

Lurah Appanang lebih jauh menyampaikan, usulan-usulan hasil Musrenbang Kelurahan Appanang tahun 2022 akan diusulkan di tahun 2023 pada Musrenbang Kecamatan, serta Sinergitas antara penggunaan dana DAU Kelurahann agar sesuai dengan perundang-undangan demi kemajuan Kelurahan kita ini. Sebagai tindak lanjut dari Musrenbang yang  dilaksanakan, usulan-usulan yang telah disampaikan akan dituangkan ke dalam Berita Acara Pelaksanaan Musrenbang Kelurahan Tahun 2022 dan  dipilah  sesuai prioritas dan dibagi menjadi tiga kelompok yaitu, kelompok Infrastruktur, Sosial Budaya dan Perekonomian. Usulan yang sudah tersusun sesuai kelompok, dilanjutkan dengn survey ke lokasi untuk mencari data yang akan ditabulasi dan dituangkan ke dalam Laporan Musrenbang Kelurahan Tahun 2022 yang nantinya diusulkan pada Musrenbang Kecamatan dan Perencanaan dana DAU Tahun Anggaran 2023 pungkasnya. (Erwin Goval/ Redaksi)