Firman: Mengasah Jiwa Kepemimpinan Lewat KKP Fisip Unismuh Makassar

Bagikan Berita

 

Majalahpro.co.id, Takalar — Proses Kuliah Kerja Profesi (KKP) menjadi kewajiban bagi mahasiswa Fisip Unismuh Makassar dan dijalani pada ujung perampungan studi dengan penempatan di pada instansi pemerintah desa dan kota.

Selama dalam rentang waktu dua bulan itu mahasiswa peserta KKP diperhadapkan pada dunia nyata di tengah masyarakat.

Pada kenyataan ini mahasiswa dituntut dan ditantang untuk mengaplikasikan di tengah masyarakat teori teori ilmu pengetahuan yang diperoleh selama proses perkuliahan di dalam kampus.

Kordinator Kecamatan Polombangkeng Selatan KKP Plus Angkatan XXI Fisip Unismuh Makassar di Takalar, Firman kepada media Senin (2/11/2020) menegaskan, para mahasiswa peserta KKP bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Selama berada di lokasi KKP, harapan masyarakat begitu tinggi menganggap mahasiswa mampu membawa inovasi dan perubahan dalam proses peningkatan kualitas kehidupan masyarakat, kata anggota Komunitas Pelajar dan Pemuda Kindang (KP2K) ini.

Merealisasikan impian masyarakat itu dengan berupaya dihadirkan lewat pelaksanaan program kerja yang disepakati mahasiswa KKP dengan seluruh elemen masyarakat, kata tammatan MA Guppi Kindang Bulukumba ini.

Kampus memberikan amanah selaku Korcam di Polombangkeng Selatan Takalar diterima dan akan dilaksanakan sesuai dengan kondisi daerah dan kemampuan mahasiswa KKP.

Menjalankan amanah selaku Korcam KKP, pada sisi lain juga mengasah jiwa kememimpinan di tengah masyarakat.

Dituntut kepiawian mensinergikan keinginan dan aspirasi dari mahasiswa sebanyak 76 orang yang menyebar di desa dan kelurahan di Polsel dengan harapan dari aparat dan masyarakat Polsel, kata alumni SD 208 Kindang ini.

Penerimaan aparat pemerintahan di tingkat desa, kelurahan, camat dan instansi lainnya juga cukup baik dan siap bersinergi serta berkolaborasi menyukseskan program kerja, ungkap pria kelahiran Bulukumba 13 Juni 1998 ini.

Selain itu jarak lokasi desa dan kelurahan di Polsel yang berjauhan sehingga membutuhkan extra tenaga fisik agar mampu menjelajah melakukan kordinasi dengan mahasiswa di lokasi KKP.

Mahasiswa KKP Unismuh disambut baik oleh pemerintah setempat dan diberikan petunjuk dan arahan serta menyediakan beberapa fasilitas yang dibutuhkan selama KKP, tandas Ketua Umum HMJ Ilmu Pemerintahan Unismuh Makassar ini.

Amanah selaku Korcam KKP di Polsel ini dijalani dengan tanpa beban karena mendapat dukungan dan respon dari semua kalangan termasuk para kordinator desa dan kordinator kelurahan.

Salah satu pihak yang setiap saat membantu dan mendukung yakni para kordinator desa dan kelurahan adalah sebagai berikut: Saharuddin (Kelirahan Pattene), Rahmat Muhajir (Kel Pa’bundukang), Rajuddin (Kel Bontokadatto).

Muh. Farhan Ilhamy (Desa Lantang).Farhan Su’ud (Desa Su’rulangi).Nurul Lathifah (Kel.Bulukunyi). Nuraqsa (Desa Cakura). Andi Jusdiana Ahmad (Desa Moncongkomba). Eka Febriani (Kel Canrego). Meishy Istara Yusuf (Kel Rajayya).

Saat ini Polsel Takalar dipimpin oleh Camat, Baharuddin Daeng Limpo, S.Sos, M.Si dan secara resmi dia telah menerima mahasiswa KKP Fisip Unismuh Makassar di Kantor Camat, Jumat (23/10/2020).

Mahasiswa KKP Fisip Unismuh Makassar angkatan XXI di Kecamatan Polongbangkeng Selatan Takalar didampingi Dosen Supervisi, Dr.Muhammad Yahya Mustafa, M.Si. (hawayni/ulla)