Stock Darah Semakin Menipis, PMI Rappocini Gelar Donor Darah

Bagikan Berita
Makassar,Majalah Pro.Co.Id — Wabah Covid-19 tengah melanda Indonesia. Roda prekonomian berjalan separuh napas. Begitu juga rutinitas donor darah sebagai kegiatan sosial hampir terhenti. Stock darah di UTD PMI Kota Makassar semakin menipis.
Karena ketersediaan stock darah tersebut sangat urgen juga terkait keselamatan nyawah manusia,  maka PMI (Palang Merah Indonesia) Kecamatan Rappocini yang dinahkodai Saiful Islam bekerja sama UTD (Unit Transfusi Darah PMI Kota Makassar, mengelar donor darah di Markasnya Jl. Hertasning No. 2 Hari Jumat,10/4/2020.
Menurut Saiful Islam, timnya sangat memperhatikan aturan isolasi ketat yang diberlakukan Pemprov Sulsel, bahkan pihaknya tetap menerapkan physical distance (jarak fisik) minimal 1 m dalam antrian.
 “Hanya saja dalam situasi tertentu aturan ini sulit diterapkan, ketika pendonor dan dokter dalam proses transfusi darah pasti besentuhan, namun doter tetap gunakan APD (Alat Pelindung Diri),” ungkap Saiful Islam.
                                                                                             
Ia juga menegaskan, untuk mengatisipasi supaya para peserta donor tidak terlalu banyak berkumpul, maka setiap sesi hanya antri 10 orang dalam satu jam. Karena itu kami mulai, tambah Saiful, dari jam 8.00 – 17.00 Wita sehingga target 60 kantong darah oleh UTD  tercapai.
Terkait jumlah pendonor yang hadir, ia mengatakan dirinya sangat bersyukur karena ternyata di tengah ketegangan atas serangan mematikan Covid-19 (Corona Virus Disease 2019), masih banyak orang diatara kita bertekad menjadi pahlawan kemanusiaan dengan mempersembahkan darahnya untuk menyelamatkan nyawah sesamanya.
“Kami atas nama PMI Kecamatan Rappocini mengucapkan terima kasih kepada Ketua PMI Kota Makassar,  Dr. Syamsul Risal beserta jajarannya, IKA SMA 9 Makassar, Forum CSR Kesos Sulsel, para relawan dan warga yang masih setia menjadi pendonor darah. Mudah mudahan kegitan ini tetap dapat berkah dari Allah SWT Aaamiiin,” tadasnya. (darman/**)