Wakil Bupati Soppeng : Dengan TMMD Mempermudah Akses Masyarakat di Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Ekonomi

Bagikan Berita

Soppeng, Majalah Pro .Co.Id – Wakil Bupati Soppeng Hadiri Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 Tahun Anggaran 2022 yang dilangsungkan di Aula Kantor Kecamatan Marioriwawo, Kabupaten Soppeng

Kamis, 09 Juni 2022.

Diketahui Tema TMMD ke 113 tahun 2022 ini bertajuk dedikasi terbaik membangun NKRI.

Dandim 1423/Soppeng, Letkol Inf Richard M Butarbutar menyampaikan laporan hasil pelaksanaan TMMD ke 113 TA 2022 dengan mengatakan bahwa, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) bertujuan membantu Pemerintah daerah Kabupaten/ Kota dalam percepatan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sasaran fisik maupun non fisik dan memantapkan Kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka menyiapkan Ruang Juang, Alat Juang.

“Waktu pelaksanaan (Minggu II Mei s.d. Minggu II Juni) tanggal 11 Mei s.d 09 Juni bertempat di Kel. Labessi Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng dan Desa Mariorilau Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng.

Adapun Sasaran kegiatan terdiri dari sasaran fisik dan non fisik.

“Untuk sasaran fisik yaitu Pengerasan jalan tani menghubungkan Lingkungan Labessi dengan Dusun Atakka Desa Mariorilau sepanjang 5.000 meter, Pembuatan Plat Duicker di 5 titik dan Pemasangan cincin sebanyak 120 buah di 5 titik.

Pengerasan jalan tani Dusun Sekkang Kampung Taritie menghubungkan jalan Dusun Atakka Desa Mariorilau sepanjang 4.500 meter dan Pemasangan cincin sebagai besar 31 buah di 2 titik dan Pemasangan cincin 74 buah di 6 titik.

Sedangkan untuk sasaran Non Fisik yaitu penyuluhan kehutanan, penyuluhan pertanian, penyuluhan Bela Negara, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan Posbindu PTM, penyuluhan MOP KB dan Pelayanan Khitanan Massal.

Di kesempatan itu, Dandim Letkol Inf Richard M Butarbutar juga menyampaikan bahwa Kabupaten Soppeng adalah Kabupaten yang luar biasa dalam pelaksanaan TMMD tahun ini karena mampu membuat jalan hampir sepanjang   10 km jika dibandingkan dengan daerah lain, katanya.

“Secara pribadi kami merasa terbantu atas segala bantuan dan partisipasi dari berbagai pihak dalam pelaksanaan program TMMD ini, ujar Dandim.

“Olehnya itu, saya ucapkan banyak terima kasih , dan mungkin ini akan menjadi program terakhir saya selama menjabat di Kab. Soppeng, jelasnya.

“Saya juga memohon maaf jika ada kesalahan yang saya lakukan selama menjadi Dandim 1423 Soppeng, imbuhnya.

Sementara itu, mewakili  Danrem 141/Toddopuli, Kepala Seksi Teritorial Kasrem 141 Toddopuli Bapak Kolonel Arm Iwan Aprianto, S.I.P menutup secara resmi kegiatan TMMD ini.

Kolonel Iwan Aprianto dalam sambutannya mengatakan, “Selaku penanggung jawab TMMD, saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bupati Soppeng dan jajarannya, para anggota TNI/POLRI dan segenap elemen masyarakat yang telah bekerja keras dan bahu membahu untuk menyelesaikan kegiatan  TMMD ini dengan penuh kebersamaan sehingga dapat terselenggara dengan aman dan lancar dimana ini semua semata-mata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam pelaksanaan TMMD tahun 2022, wilayah Korem 141/Toddopuli  ini telah dilaksanakan  di 2 lokasi yaitu Dandim 1406/Wajo dan Dandim 1423/Soppeng, dimana untuk Kabupaten Soppeng dilaksanakan di Kecamatan Marioriwawo tepatnya di Kelurahan Labessi dan Desa Mariorilau.

“Dengan selesainya kegiatan TMMD ini, diharapkan dapat lebih meningkatkan taraf hidup masyarakat sehingga tercipta masyarakat yang mandiri dan berkualitas sesuai dengan tema yang diangkat pada kegiatan ini yaitu  TMMD dedikasi terbaik membangun NKRI, tandasnya.

Dikegiatan yang sama, Wakil Bupati Soppeng, Ir. H. Lutfi Halide, MP dalam sambutannya mengatakan,” Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Soppeng, saya memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kepala Seksi Teritorial Kasrem, kepala staf Korem  141 Toddopuli beserta rombongan atas kehadirannya di Bumi Latemmamala ini guna mengikuti acara penutupan TMMD Tahun 2022.

“Program TMMD ini secara umum dapat diartikan sebagai program TNI untuk membantu tugas Pemerintah dalam melakukan pembangunan daerah.

“Dan kegiatan ini dinilai sangat strategis guna meningkatkan kesejahterakan masyarakat dimana hal ini sejalan dengan Visi/Misi Kabupaten Soppeng yaitu Soppeng lebih melayani, maju dan sejahtera.

“Dalam pelaksanaan TMMD ini berbagai kegiatan telah dilakukan baik kegiatan fisik maupun kegiatan non fisik.

Kegiatan fisik yang dilakukan dapat menghubungkan 3 Desa yang ada di Kecamatan Marioriwawo, dimana ruas jalan ini merupakan kewenangan dari Kabupaten.

“Sehingga melalui TMMD ini dapat mempermudah masyarakat untuk mendapatkan akses diantaranya di bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

“Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak terkait yang telah bekerja dengan ikhlas dalam melaksanakan kegiatan ini, yang pada akhirnya memberi sumbangsih yang sangat besar kepada Kabupaten Soppeng sehingga dapat lebih baik dan maju, pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara penyerahan hasil pelaksanaan kegiatan TMMD ke-113 oleh Dandim 1423/Soppeng ke Wakil Bupati Soppeng dan Kasi Teritorial Kasrem 141/Toddopuli  serta pengembalian Toolkit (peralatan) dari Perwakilan Personel Satgas TMMD ke 113 TA. 2022 kepada Kasi Teritorial Kasrem 141/Toddopuli.

Turut hadir dalam acara penutupan ini yakni Para Anggota Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri Watansoppeng, Ketua Pengadilan Agama Watansoppeng, para Kepala SKPD, Camat Marioriwawo, perwakilan Satgas TMMD, pimpinan Instansi Vertikal dan pimpinan BUMN.(**)