Uji Coba BPPBIT Soppeng, Ikan Tokek Mangsa Benih Ikan Nelayan

Bagikan Berita

MAJALAHPRO, SOPPENG – Uji Coba yang dilakukan oleh Balai Pembenihan dan Pengembangan Budidaya Ikan Air Tawar (BPPBIT) Ompo Kabupaten Soppeng, membuktikan bahwa Ikan Tokek atau yang pada umumnya disebut ikan Sapu Sapu ternyata bisa memangsa benih ikan.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala UPTD BPPBIT Ompo Soppeng, A.Ongkeng, Selasa (27/11/2018).

“Dari keluhan yang disampaikan oleh Nelayan di Danau Tempe dan pemilik sejumlah empang di wilayah marioriawa terkait ikan tokek yang terus memangsa benih ikan yang mereka tebar, kami sudah tindak lanjuti dengan uji coba”

“Dan dari uji coba itu, terbukti bahwa ikan tokek memang bisa memangsa benih ikan, hal ini terlihat ketika seekor ikan tokek dari danau tempe, kami masukkan ke dalam kolam bersama dengan beberapa benih ikan, ternyata habis tak tersisa dimangsa oleh ikan tokek tersebut” tuturnya.

Uji coba pun tidak hanya dilakukan sekali, beberapa kali dilakukan hasilnya tetap sama.

Bahkan ditambahkan A.Ongkeng, pernah juga dilakukan uji coba memasukkan indukan ikan yang akan bertelur dengan ikan tokek kedalam satu kolam, dan beberapa hari kemudian hasilnya tak ada telur sama sekali yang terlihat dikolam itu, padahal indukan ikannya terlihat sudah mengeluarkan telurnya.

“Sementara itu, jika ada pertayaan yang mengatakan kenapa ikan tokek yang biasa di simpan di Aquarium tidak memangsa ikan lainnya disana, ya mungkin karena ikan yang ada di Aquarium itu ikannya besar besar”

“Karena yang kami amati juga dari uji coba ini, ikan tokek ini hanya memangsa ikan ikan yang ukurannya 1-3 cm saja” ungkapnya.

Dari hasil uji coba ini, Kepala UPTD BPPBIT ini pun membenarkan kemungkinan adanya perubahan karakter dari ikan yang dikenal hanya memakan lumut ini.

“Dasarnya memang hanya memakan lumut, tapi kita tidak tahu jika sudah masuk ekositem seperti danau, mungkin ada perubahan karakter dari ikan ini, dan uji coba kita sudah bisa membuktikan itu” pungkasnya. (Id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *