Tim BBLK Makassar Latih Petugas Medis Labkesda Soppeng

Bagikan Berita
Soppeng Majalahpro.Co.Id —  Untuk meningkatkan kapasitas petugas medis dan laboratorium di daerah, dalam mendeteksi infeksi coronavirus. Peningkatan kapasitas ini dilakukan agar deteksi coronavirus lebih cepat dilakukan Supaya di daerah juga bisa mendiagnosis, bukan cuma di Litbang (Badan Penelitian dan Pengembangan).
Adapun pelatihan yang akan diberikan antara lain prosedur pengambilan sampel untuk uji usap atau swab tenggorokan. Selain itu, program tersebut juga akan memberikan pelatihan petugas medis dan laboratorium daerah dalam menjaga kualitas sampel.
Tim Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar melakukan kunjungan ke Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Soppeng. Minggu (3/5/2020).
Kunjungan yang kedua kalinya ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pengambilan sampel swab untuk virus corona (Covid-19) kepada peserta pelatihan berjumlah 10 orang Ahli tehnologi laboratorium medik (ATLM) dan 2 dokter ahli.
Dr.Mustakim.Sp.PK.,M,kes bersama Fatmawati yang turut mendampingi Tim BBLK mengatakan pelatihan dan bimbingan ini dibawakan dr.Yoeke.
Praktek pengambilan swab juga dilakukan di swab Chamber, yang didesain khusus untuk pengambilan sampel dilapangan.
Selain itu juga ada kegiatan tes panel yang harus dilewati Labkesda sebagai proses uji untuk mendapatkan izin dari Litbangkes.
Sementara Fatmawati mengatakan yang ikut pada pelatihan ini juga sekalian praktek dan masing-masing saling mengambil swab sendiri lalu di analisis oleh mesin PCR nya.
Sedangkan dr.Yoeke pada prinsipnya sangat mendukung, sarana dan prasarana Labkesda Kab.Soppeng ini sudah sangat sesuai dengan prosedur dan standar pelayanan BBLK.
Turut hadir juga dalam pelatihan Dr.Mega citra diatri ,Sp. PD. Dan Dr.Jayadi. (Redaksi)