Supriansa : Festival Lagaligo, Loncatan Soppeng untuk Dikenal Dunia

Bagikan Berita

MAJALAHPRO, SOPPENG – Supriansa, Mantan Wakil Bupati Soppeng menganggap penyelenggaraan Festival Lagaligo, 17-23 Desember mendatang akan menjadi loncatan bagi Kabupaten Soppeng untuk dikenal di Dunia Internasional.

Dalam konfirmasinya, Kamis (13/12), Supriansa menggangap momentum pelaksanaan festival budaya lagaligo ini sangat tepat bagi Soppeng untuk mempromosikan diri.

“Selain masyarakat bisa menyaksikan kegiatan festival budaya bertaraf internasional. sisi baiknya juga ini bisa menjadi loncatan membawa kabupaten soppeng dikenal di dunia internasional” tuturnya.

Atas hal itu, Supriansa pun mengaku sangat bangga atas inisiasi Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak untuk melaksanakan acara yang bertaraf internasional di Kabupaten Soppeng.

“Sebagai Putra Soppeng, saya sangat bangga, tidak mudah dan membutuhkan kerja keras untuk melaksanakan acara sekelas Festival Lagaligo ini”

“Karena perlu kita tahu, bahwa Lagaligo sendiri memiliki sejarah yang sangat panjang, bahkan bukunya saja diakui sebagai karya sastra terpanjang di dunia, dengan jumlah 300 ribu baris teks, 2851 halaman lebih, dan tebalnya yang enam kali lebih tebal dari buku Harry Potter seri ketujuh, jadi La Galigo bukanlah buku biasa” tuturnya.

Demikian pun halnya dengan kisah kisah di dalam buku Lagaligo sendiri yang menurut Supriansa cukup berjasa karena dapat memberikan gambaran kepada ahli sejarah mengenai kebudayaan Bugis sebelum abad ke 14.

“Kisah kepahlawanan Sawerigading, seorang pahlawan yang gagah berani. Hal itu terdapat di dalam cerita La Galigo yang penuh dengan mitos dan peristiwa-peristiwa yang sangat luar biasa” tuturnya.

Terakhir, Supriansa pun berharap penyelenggaraan Festival Lagaligo mendatang dapat berjalan baik dan sukses sehingga dapat dinikmati masyarakat.

“Saya ucapkan selamat melaksanakan Festival Budaya Internasional Lagaligo, semoga sukses dan Soppeng maju terus” pungkasnya. (id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *