Soal Irigasi Pangajae, ini Tanggapan Koalisi LSM Soppeng

Bagikan Berita

MajalahPro.Co.Id, Soppeng – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Patroli Siaga akan melaporkan proyek Rehabilitasi Jaringan irigasi Pangajae, Kelurahan Salokaraja,Pao’e kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng, ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kejaksaaan Tinggi Provinsi Sulawesi Selatan (Kejati).

Ketua DPC Patroli Siaga, Hamdani menilai satu titik jaringan Bronjong pada proyek Rehabilitasi Jaringan Irigasi Pangajae, diduga tidak sesuai spesifikasi atau perencanaan awal.

Hamdani menyebut, melihat kondisi pasca rampungnya kegiatan tersebut diduga kuat menyalahi bestek atau tidak sesuai spek.

“Kegiatan ini sangat fatal apalagi ada satu titik pekerjaan yang dinilai sangat melanggar dari Aspek Material yang di gunakan,” ungkapnya Kamis, (1/4/2021).

Hamdani juga mengaku pernah meninjau langsung kondisi proyek Rehabilitasi Jaringan irigasi pangajae di Pao’e. satu titik memang ada yang ganjil dalam pengerjaan.

“Karena itu, kami akan melakukan konfirmasi kepada UPTD PSDA Soppeng,Inspektorat Soppeng, Kejari Soppeng. Dan parahnya proyek belum cukup setahun Batu Bronjong yang di gunakan sudah mulai Lapuk. Kami juga akan melaporkan proyek ini ke Kejati dan KPK,” tegasnya.

Dalam proyek ini menghabiskan anggaran tahun 2020 sebesar Rp 1.795.482.000 miliar (DAK) yang berada di dua titik pengerjaan, lama pengerjaan 105 Hari kalender, Kontraktor Cv Lanyala Brothers dan Konsultan Pengawas Cv Widhiah Mitra Konsultan “tutup Hamdani.

Di tempat terpisah Ketua Umum LAK-HAM INDONESIA Arham MS melalui telpon selulernya mengatakan , ia sangat menyesalkan adanya temuan teman teman Pers, irigasi yang baru seumuran jagung mengalami kerusakan.

Arham akui pihaknya banyak mendapatkan laporan dari teman teman pers mengenai Rehab irigasi pangajae yang pegerjaannya tidak sesuai RAB,

“untuk data iringasi pangajae ini,  kami telah menerima datanya,”katanya.

Lanjut dia katakan, ia fokus terhadap penggunaan material yang diduga ilegal, dan memang bila benar pihaknya akan berkoalisi dengan rekan LSM patroli Siaga

“Pihak kami juga telah turun ke lokasi untuk mengecek Rehabilitasi irigasi pangajae di Kelurahan Salokaraja,Kecamatan Lalabata. Data sebelum penyelesaian pengerjaan juga telah kami kantongi,”terang Arham MS.

(Eps)