SGI Merupakan Organisasi Pengembangan Kepemimpinan Guru

Bagikan Berita

Soppeng Breaking SulSel.Co.Id — Momentum  Sekolah Guru Indonesia (SGI) Master Teacher (SMT) dari Kabupaten Pare-Pare melaksanakan pelatihan untuk guru-guru Soppeng bertempat di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng Minggu, 17/11-2019. Kegiatan yang dihadiri sebanyak 60 guru sekolah dasar se-Kabupaten Soppeng ini merupakan salah satu rangkaian proses pembelajaran yang dijalani para peserta selama mengikuti program SMT.

Aktivis SGI SulSel Jayanti,M.Pd kepada Majalah Pro.Co.Id mengatakan. Sekolah Guru Indonesia (SGI) merupakan salah satu lembaga pengembangan guru di bawah naungan Dompet Dhuafa Corporate University yang memiliki komitmen untuk memberi kontribusi aktif dalam perbaikan pendidikan melalui cara-cara ke-Indonesiaan dengan tujuan melahirkan ketokohan guru pemimpin yang memiliki kompetensi mengajar, mendidik, dan jiwa kepemimpinan. SGI menyelenggarakan beberapa program pengembangan guru, salah satunya SGI Master Teacher (SMT).

SMT merupakan sebuah program pelatihan peningkatan kompetensi untuk guru Sekolah Dasar yang berlangsung selama tiga bulan dengan serangakaian kegiatan mencakup seleksi, studium generale, military camp, perkuliahan, observasi pembelajaran, penelitian tindakan kelas, proyek dan wisuda. Program yang bermula pada tahun 2015 ini telah diselenggarakan di beberapa provinsi di Indonesia. Di Sulawesi Selatan, SMT telah dilaksanakan di Kota Makassar, Maros, Pangkep, Barru, Jeneponto, Bulukumba dan terbaru di Kabupaten Pare-Pare dengan jumlah peserta sebanyak 29 guru sekolah dasar ujarnya.

Jayanti menambahkan. Sebelumnya, para peserta yang terdiri atas 29 guru sekolah dasar ini telah menjalani tahap military camp, perkuliahan, observasi pembelajaran, penelitian tindakan kelas dan nantinya akan diwisuda setelah menyelesaikan tugas proyek ini. Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng, Drs. H. Muhammad Asis, M.Pd. ini mengusung tema “Ruang Kelas Abad 21” dengan cakupan materi mengenai penataan fisik dan non fisik ruang kelas manfaat seluas-luasnya, dimana para guru di kabupaten Soppeng dapat mengimplementasikan ilmu yang diterima kata Jayanti dalam ulasanya.

Materi Ruang Kelas Abad 21 mencakup materi tentang penataan ruang kelas  baik dari aspek fisik maupun non fisik. Pelatihan ini berlangsung pada pukul 09.00 hingga pukul 15.00 dengan dua materi utama, yakni konsep kelas Abad 21 dan workshop display kelas (pajangan kelas). Keseluruhan pelatihan ini melibatkan peserta SMT sebagai panitia termasuk narasumber.

“Sekolah Guru Indonesia (SGI) merupakan organisasi pengembangan kepemimpinan guru di bawah naungan Dompet Dhuafa Corporate University yang memiliki komitmen untuk memberi kontribusi aktif dalam perbaikan pendidikan melalui cara-cara ke-Indonesiaan dengan tujuan melahirkan ketokohan guru pemimpin yang memiliki kompetensi mengajar, mendidik, dan jiwa kepemimpinan. SMT sebagai salah satu program yang dijalankan SGI menjadi wadah bagi para guru untuk tidak hanya mengembangkan profesionalismenya, namun juga untuk berbagi pengetahuan, salah satunya melalui kegiatan pelatihan guru” ujar Rahman mewakili koordinator SGI wilayah Sulsel dalam sambutannya jelas jayanti. (**)