Roadshow Guru SGI di Soppeng

Bagikan Berita

Soppeng Majalah Pro.Co.Id — Sekolah Guru Indonesia (SGI) Master Teacher (SMT) dari Kabupaten Pare-Pare melaksanakan pelatihan untuk guru-guru Soppeng bertempat di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng Minggu, 17/11-2019. Kegiatan yang dihadiri sebanyak 60 guru sekolah dasar se-Kabupaten Soppeng ini merupakan salah satu rangkaian proses pembelajaran yang dijalani para peserta selama mengikuti program SMT.

Aktivis SGI SulSel Jayanti,M.Pd kepada Majalah Pro mengatakan. Program SGI Master Teacher ini berawal dari gelesihan para pemuda Indonesia, karena rasanya tidak mungkin jika hanya mengirimkan guru-guru yang bersifat sementara saja di Daerah maka, SGI menginisiasi sebuah program pelatihan guru-guru didaerah yang mempunyai tujuan misi jangka panjang dalam peningkatan kualitas guru. Program ini disetting untuk dilaksanakan dalam waktu 3 bulan dan kelak akan melahirkan para guru yang berjiwa pengajar, pendidik, dan pemimpin.

Jayanti menambahkan. Sebelumnya, para peserta yang terdiri atas 29 guru sekolah dasar ini telah menjalani tahap military camp, perkuliahan, observasi pembelajaran, penelitian tindakan kelas dan nantinya akan diwisuda setelah menyelesaikan tugas proyek ini. Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng, Drs. H. Muhammad Asis, M.Pd. ini mengusung tema “Ruang Kelas Abad 21” dengan cakupan materi mengenai penataan fisik dan non fisik ruang kelas ujarnya.

“Sekolah Guru Indonesia (SGI) merupakan organisasi pengembangan kepemimpinan guru di bawah naungan Dompet Dhuafa Corporate University yang memiliki komitmen untuk memberi kontribusi aktif dalam perbaikan pendidikan melalui cara-cara ke-Indonesiaan dengan tujuan melahirkan ketokohan guru pemimpin yang memiliki kompetensi mengajar, mendidik, dan jiwa kepemimpinan. SMT sebagai salah satu program yang dijalankan SGI menjadi wadah bagi para guru untuk tidak hanya mengembangkan profesionalismenya, namun juga untuk berbagi pengetahuan, salah satunya melalui kegiatan pelatihan guru” ujar Rahman mewakili koordinator SGI wilayah Sulsel dalam sambutannya jelas jayanti. (**)