PRA MUSRENBANG TAHUN 2022 UNTUK PEMBANGUNAN 2023 KELURAHAN APPANANG

Bagikan Berita

Soppeng, Majalahpro.Co.Id — Kelurahan Appanang melaksanakan kegiatan Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Pra Musrenbang) tingkat Kelurahan Tahun anggaran 2023 Wilayah Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan Kamis (27/1). Turut hadir Kepala Kelurahan Appanang, Ketua LPMK Drs. Fahruddin dalam kesempatannya Lurah Appanang Andi Muh. Yunus, S.Sos  menyampaikan didepan peserta untuk menyiapkan berkas pengusulan rencana pembangunan.

Lebih jauh Lurah Appanang Andi Muh. Yunus dalam arahanya mengatakan. Musrenbang dilakukan dalam setiap proses penyusunan perencanaan, untuk penyusunan perencanaan Musrenbang dilakukan secara berjenjang mulai dari pra Musrenbang tingkat RW, Kelurahan, Kecamatan dan Kabupaten/Kota. Hasil akhir tahapan pelaksanaan Musrenbang tahunan adalah rencana kerja pembangunan daerah yang ditetapkan dengan Peraturan Bupati, kualitas dari usulan saat pra musrenbang diantisipasi agar tidak terjadi usulan yang sama/ berulang.

Pra musrenbang diharapkan dapat menampung aspirasi dari seluruh masyarakat agar dapat dipastikan penerima manfaat pembangunan benar – benar tepat sasaran. Pelaksanaan pra musrenbang sebagai awal pelaksanaan proses perencanaan berbasis partisipatif perlu mendapat apresiasi ujarnya.

Ditempat yang sama Ketua LPMK Drs. Fahruddin mengatakan. “Pelaksanaan Pra Musrenbang di kelurahan Appanang tahun ini tidak seperti biasanya. Karena masih dalam situasi Pandemi virus covid-19 jadi peserta hanya dibatasi 50 orang. Namun begitu sudah mewakili seluruh unsur masyarakat dan sudah menampung semua usulan dari masing-masing RT” kata Drs. Fahruddin.

Tahapan sebelum dilaksanakan Pra Musrenbang di Kelurahan, sebelumnya sudah dilaksanakan rembug warga di tingkat RT, RW dan dibahas di tingkat kampung. Selanjutnya usulan dari Kampung direkap oleh Tim LPMK dan menjadi bahan dalam pencermatan dan pembahasan di Pra Musrenbang. Dalam tahapan ini masih dilakukan pencermatan dan klarifikasi usulan kegiatan untuk nantinya dibahas dalam Musrenbang dan diharapkan akan menghasilkan perencanaan kegiatan pembangunan Kelurahan yang lebih baik pungkasnya

“Untuk usulan pembangunan infra struktur dan non infrastuktur dari beberapa RT akan dibuat Zonasi atau kelompok agar berkesinambungan, jadi tidak dibangun sendiri-sendiri”, kata Ketua LPMK Kelurahan Appanang Drs. Fahruddin. (Erwin Gopal/Redaksi)