Mengatasi Pandemi Virus Corona. Sekab Soppeng Bahas Tindak Lanjut PP Dan Kepres

Bagikan Berita

Soppeng MajalahProl.Co.Id — Presiden Joko Widodo resmi menetapkan status kedaruratan kesehatan masyarakat untuk mengatasi pandemi virus corona atau Covid-19 di Indonesia. Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) dan Keputusan Presiden (Keppres) terkait status kedaruratan kesehatan masyarakat. Dengan terbitnya PP dan Keppres, Jokowi meminta semua pimpinan daerah mengikuti pemerintah pusat. “daerah tidak membuat kebijakan sendiri-sendiri. semua kebijakan di daerah harus sesuai dengan peraturan, berada dalam koridor Undang-undang, PP, serta Keppres tersebut,”

Dengan penetapan status kedaruratan kesehatan masyarakat, pemerintah memilih opsi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menangani wabah corona.

Menindak lanjuti atas diberlakukannya  kepres dan PP status darurat kesehatan serta pembatasan sosial berskala besar ( PSBB ) dalam mengatasi virus corona, bertempat di ruang pola kantor Bupati Soppeng Rabu 1/4 – 2020 diadakan pertemuan tim gugus pengendalian Covid 19 Kabupaten Soppeng rapat dipimpin langsung Sekretaris Daerah Drs.H.A. Tenri Sessu, M.Si

Sekda soppeng dalam arahannya menyampaikan beberapa hal data penduduk yang masuk wilayah kab.soppeng selama pencegahan covid 19, perketat pengawasan di setiap perbatasan di wilayah Kabupaten soppeng, penyemprotan desinfektan setiap rumah penduduk serta fasilitas umum tiap desa dan kelurahan di Kabupaten soppeng, pemindahan proses belajar dirumah, penyesuaian sistem  kerja ASN dalam rangka upaya pencegahan covid 19, serta pembatasan keagamaan, Penganggaran dalam penanganan covid 19 di kabupaten soppeng, pembentukan relawan di tingkat desa, Termasuk membahas program/ kegiatan skpd yg perlu dipending khususx dana yg bersumber dari DAK.

Turut hadir dalam pertemuan itu, Asisten I, III, jubir, kepala SKPD. (Kominfo/**)