Laksanakan Amanah Suami, Istri Alm. Prof. Dr. H. A. Mustari Pide, SH, Bangun Masjid Al-Mustari di Pontren Darunnaien Pesse

Bagikan Berita

 

Majalahpro.co.id, Soppeng –Melaksanakan amanah suami, istri Alm. Prof. Dr. H. Andi Mustari Pide, SH, membangun Masjid di kompleks Pondok Pesantren (Pontren) Darunnaien Pesse Desa Pising Kecamatan Donri-donri Kabupaten Soppeng.

Dalam mengenang semangat dan kepedulian almarhum terhadap pendidikan dan nilai-nilai kemanusiaan selama hidupnya, nama alm. Prof. Dr. H. A. Mustari Pide, SH, diabadikan menjadi nama masjid tersebut, Masjid Al-Mustari.

Kini Ketua Dewan Pembina Pembangunan masjid tersebut, H. A. Kaswadi Razak, SE, meletakkan Batu Pertama dalam suatu acara dirangkaikan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW di Pontren ini, Jum’at, 30 Oktober 2020.

Selain Ketua Dewan Pembina Pondok Pesantren Darunnaien Pesse H. A. Kaswadi Razak, SE, juga hadir istri alm. Prof. Dr. H. Andi Mustari Pide, SH, yaitu Dr. Hj. Mihrani A. Rauf, S.P, M.Pt, bersama sejumlah keluarga besar almarhum, termasuk ibunda Dr. Hj. Mihrani, Hj. St. Nurdaliah Daud serta Pendiri Pondok Pesantren Darunnaien Ibu Hj. Nursiah Makkarella, Kepala Desa Pising, para pengasuh Pontren Darunnaien Pesse, para guru dan staf, tokoh masyarakat setempat, para santri dan orang tua santri.

Hadir pula Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Soppeng, Dr. H. Husaemah Rauf, M.Ag selaku pembawa Hikmah Maulid Nabi Besar Muhammad SAW dan Pimpinan Pontren Darunnaien Pesse, H. Najemuddin, S.Ag, M.Pdi

Acara tersebut diawali penyampaian sekapur Sirih dari keluarga besar Alm. Prof. Dr. H. A. Mustari Pide SH
oleh adik sepupu Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani A. Rauf, MT.

Dikatakan, puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala nikmat dan karunia yang diberikan kepada
semua pada hari yang baik ini, hari yang masih dalam suasana Maulid Nabi Besar Muhammad SAW. Sehingga shalawat selain menjadi pengagum nama beliau tentunya menjadi pengingat juga bagi kelahiran nabi yang menjadi suri tauladan bagi kita semua.

Pihaknya mengajak kepada kita semua untuk senantiasa melantunkan shalawat dan taslim kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat dan pengikut-pengkutnya.

Selanjutnya, Prof. Bakhrani menyampaikan penghormatan dan penghargaan sedalam-dalamnya kepada Ketua Dewan Pembina atas waktu dan kesempatan yang diluangkan untuk menghadiri peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Al-Mustari yang berada pada Lokasi Pondok Pesantren Darunnaiem Pesse.

“Insya Allah, pengabdian dan pengorbanan yang diberikan akan bernilai ibadah dan dicatat sebagai amal kebaikan. Kami mendoakan, agar Ketua Dewan Pembina senantiasa dapat menebar kebaikan di Bumi Latemmamala di masa-masa yang akan datang dan Kabupaten Soppeng senantiasa mendapat rahmat dan semakin maju di masa-masa yang akan datang melalui tangan dingin dari Bapak H. Andi Kaswadi Razak, S.E., harapnya.

Prof. Bakhrani juga tak lupa mengajak hadirin wal hadirat untuk mendoakan Ketua Dewan Pembina Masjid Al-Mustari ini untuk kembali melakukan yang terbaik untuk tanah kita tercinta.

“Mari kita doakan beliau agar dapat kembali melakukan yang terbaik untuk tanah kita tercinta,” ajak Prof. Bakhrani.

“Harapan ini tentu sebagai bentuk keharuan kami sekeluarga, di tengah-tengah kesibukan dan agenda beliau, beliau tetap menyempatkan diri untuk menghadiri peletakan batu pertama Pembangunan Masjid Al-Mustari yang berada pada Pondok Pesantren Darunnaien Pesse. Ini tentu penghormatan yang luar biasa yang kami rasakan. Penghormatan ini harus kami balas dengan penghormatan yang lebih,” kata Prof. Bakhrani.

Disampaikan pula, jika sebelumnya, juga terdapat 10 unit Pondok Tahfizh Al-Quran diberi nama juga Al-Mustari dan sekarang akan dilakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Mesjid Al-Mustari yang juga berada di Pondok Pesantren Darunnaiem Pesse ini.

“Kesemuanya ini merupakan pewujudan cita-cita mulia dari Bapak Alm. Prof. Dr. H. Andi Mustari Pide, SH melalui istrinya tercinta Dr. Hj. Mihrani A. Rauf, SP, M.Pt. Dan mengamanahkan kepada saya sebagai kakak (Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani A. Rauf, MT) untuk mendesain dan merancang sebagai Arsitek Masjid Al-Mustari tersebut. Kami menginterpretasi pesan mulia beliau yang mengamanahkan agar keluarga selalu dapat memberi kebaikan dan manfaat untuk banyak orang khususnya di tanah kelahiran beliau, Kabupaten Soppeng yang kita cintai. Pesan-pesan moral beliau, selalu kami upayakan mewujudkannya meski mungkin belum maksimal,” ucapnya.

Dikatakan, “dengan hadirnya Pondok Tahfizh Al-Quran dan Mesjid Al-Mustari pada lokasi Pondok Pesantren Darunnaiem Pesse ini, sesuai amanah beliau, jadikan rumah bagi siapa saja putra putri terbaik Soppeng yang memiliki keterbatasan tapi memiliki tekad dan semangat untuk menuntut ilmu agama,” kata Prof. Bakhrani.

Dan dilakukan juga penyerahan surat tanah yang ditempati Pondok Tahfish Al-Quran dari Keluarga Besar alm. Prof. H. A. Mustari Pide yaitu Dra. Hj. Nurhawaisah Daud, M.M kepada Pimpinan Pondok Pesantren Darunnaim Pesse bpk H. Najemuddin, S.Ag, M.PdI untuk diwakafkan.

“Insya Allah, tempat ini akan selalu terbuka, dan kami berharap santri yang dilahirkan dapat memberikan kontribusi bagi Soppeng dan membawa pesan-pesan kebaikan untuk seluruh masyarakat. Tentunya, dengan segala keterbatasan yang kami miliki, kami berharap masukan dan dukungan yang tiada henti dari Ketua Dewan Pembina, Bapak Andi Kaswadi Razak, S.E.,” harapnya.

Istri alm. Dr. Hj. Mihrani A. Rauf melalui kakaknya, Prof. Bakhrani A.Rauf, secara khusus menyampaikan banyak terima kasih kepada Pimpinan Pondok Pesantren Darunnaien Pesse atas segala ketulusan yang diberikan. Insya Allah, Allah membalas segala kebaikan itu dengan seribu kebaikan.

“Sebagai manusia biasa, saya mewakili pihak keluarga juga menyampaikan permohonan maaf kepada Bapak dan Ibu atas kekurangan dan kekhilafan pada pelaksanaan acara ini. Terima kasih juga atas kehadiran dan partisipasinya pada kesempatan yang mulia ini.

Mengakhiri sekapur sirih ini, Prof. Bakhrani menyampaikan pantun.

“Maddunu unganna temmaddunu takke
Makkure simata-mata
Puno bata-bata puno bakke
Mappabati deceng iminasa.”

“Bunga Desa kian cantik
Tak berpaling hati pemuda
Wajah Soppeng semakin elok
Tak berpaling hati warga.”

Kehadirannya di Soppeng, istri alm Prof. Dr. H. A. Mustari Pide, SH, Dr. Hj. Mihrani Rauf, S.P, M.Pt, bersama keluarga besarnya menyempatkan diri mereka melaksanakan siarah ke makam almarhum suaminya, di Kawasan Rumah Adat Sao Mario Batu-batu Soppeng. (Redaksi)