Kepala Puskesmas Cangadi Andi Marianna. Persiapan PTM 100%, Siswa SD Jalani Vaksinasi Dosis Kedua

Bagikan Berita

Soppeng, Majalahpro.Co.Id — Vaksin dosis kedua Covid untuk di dua SD dimulai sejak kemarin. Diketahui, jumlah sasaran untuk vaksin anak usia 6-11 tahun ini mencapai 104 anak berdasarkan data yang diperoleh kontributor Majalahpro Rabu 09 Februari 2022.

Melansir dari laporan tim vaksinasi Puskesmas Cangadi, Kepala UPTD Puskesmas Cangadi Andi Marianna mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan kick off pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun. Pelaksanan vaksinasi ini juga sudah sesuai dengan instruksi Presiden.

“Ini dilakukan betul-betul karena kita ingin mempercepat vaksinasi semua penduduk di Indonesia dan juga mencegah penularan COVID-19,” ucap Kepala UPTD Puskesmas Cangadi Andi Marianna.

Diketahui, vaksin yang akan digunakan untuk anak usia 6-11 tahun adalah jenis Sinovac. Vaksin ini sudah mengantongi izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA). Sebanyak 6,4 juta dosis vaksin Sinovac akan digunakan.

Dr. Hariyati Hamsa tim vaksinasinasi Kecamatan Liliriaja juga mengungkap alasan pemerintah menggunakan Sinovac sebagai vaksin untuk anak 6-11 tahun. Salah satunya adalah kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) yang tergolong ringan pungkasnya.

Sementara Guru Olah Raga SDN 163 Appanang Andi Indra, menegaskan bahwa siswa yang belum vaksinasi dosis satu maupun dua karena kondisi tertentu seperti sakit, disarankan dikemudian waktu bisa melakukan vaksinasi di puskesmas. Dan di bulan Februari 2022 diharapkan vaksinasi dosis kedua bagi siswa SD di Kecamatan Liliriaja bisa selesai.

“Pada bulan Februari harapannya selesai dosis dua, jika nanti berhasil 100 pesen atau mungkin 90 lebih presentasenya. Sehingga dapat menentukan sekolah-sekolah melakukan PTM 100 persen dengan kapasitas ruangan yang ada. sekarang ini SD itu baru bisa menjalankan 50 persen dari kapasitas ruangan, karena memang dosis dua ini baru berlangsung,” ujar Andi Indra.

“Berdasarkan kajian dari ITAGI dan evidence based yang dilaksanakan, Sinovac ini memiliki KIPI yang kecil sehingga diprioritaskan untuk anak-anak,” katanya saat ditemui di lokasi vaksinasi anak 6-11 tahun di SDN 163 Appanang dan SDN 256 Benteng Jati. (Erwin Goval/Redaksi)