Kemarau, Air Berkurang PDAM Soppeng Butuh Sumber Air Baku

Bagikan Berita

Soppeng, Majalahpro.co.id.— Pemerintah Kabupaten Soppeng mulai mempertimbangkan pemindahan sumber air baku untuk keperluan produksi air bersih karena kondisi mata air Ompo yang sering berkurang utuk pasokan dalam kota Watansoppeng. Selain mengupayakan solusi atas kondisi tersebut, Pemkab Soppeng juga mengharapkan ketegasan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atas berkurangnya pasokan air saat musim kemarau yang kerap terjadi.

Hal itu disampaikan Dirut PDAM Soppeng Andi Ahyar, saat dijumpai wartawan Breaking SulSel Kamis 5/9-2019 diruang kerjanya kantor PDAM Soppeng jalan kayangan.

Andi Ahyar  mengatakan, tiap musim kemarau tiba, PDAM Soppeng yang sama-sama melayani warga Kota Soppeng dan bahkan luar kota Watansoppeng dihadapkan pada kondisi sulitnya memperoleh air baku. Bukan karena kuantitasnya, tapi kualitasnya yang menjadi persoalan.

“Tiap kali kemarau, mata air Ompo yang merupakan sumber baku bagi PDAM Soppeng sering kali berkurang, seperti yang terjadi belakangan ini. Jika sudah kekeringan, produksi sulit dilakukan sehingga tentu saja warga Kota Watansoppeng pelanggan PDAM yang turut merasakan dampaknya,” katanya.

Padahal, lanjut Andi Ahyar, warga berhak atas jaminan memperoleh air bersih. Oleh karena itu, kondisi ini tak bisa dibiarkan terus berlarut solusinya jika pasokan air teratasi kuncinya harus mencari sumber air baku lainya praktis pada musim kemarau warga Soppeng tidak kekurangan air lagi ujarnya. (Red)