Ini Yang Disampaikan Kaswadi  Saat Rapat Bersama Pakar Epidemiologi Dan Kesehatan

Bagikan Berita

Makassar Majalah Pro.Co.Id — Bupati Soppeng, H.A.Kaswadi Razak, SE menghadiri rapat monitoring, Evaluasi Surveilans, Promotive, dan Preventative Covid-19, yang berlangsung di Aula Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (29/6/2020).

Dalam rapat tersebut juga hadir Walikota Makassar, Pakar Epidemiologi dan kesehatan untuk memberi masukan konsep dalam penanganan sektor Hulu sebagai upaya pencegahan.

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman, yang memimpin rapat tersebut dalam sambutannya mengatakan rapat koordinasi sebagai pertimbangan sektor hilir yang telah di intervensi anggaran secara baik. Sehingga Kita memandang perlu intervensi yang pada sektor hulu diantaranya, Edukasi masif, Kontak tracking, Agresif test, Pengawasan kepatuhan Protapkes serta, Kekompakan hingga level RT/RW dan semua elemen bersama.

Dalam rapat ini, Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Soppeng memperketat pengawasan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di daerahnya.

Pemerintah Soppeng juga mendirikan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) yang dilengkapi dengan alat PCR untuk memeriksa spesimen swab secara mandiri, tanpa harus menunggu hasil tes swab dari Makassar.

Selain itu, Pemkab Soppeng gencar melakukan tes swab dengan menyiapkan mobil tes swab keliling yang mampu menjangkau warganya hingga di daerah pelosok. Hingga menyiapkan ruang isolasi khusus Covid-19 di gedung bekas RSUD Ajjapangnge.

Lanjut Bupati Soppeng mengatakan, sangat memberikan apresiasi atas rapat yang diinisiasi oleh Wakil Gubernur Sulsel, jangan ragu dalam pertemuan seperti ini, kalau perlu panggil semua Walikota dan Bupati, para pakar untuk membicarakan masalah ini bersama, bahwa dalam wabah Covid-19 ini.

Saya harap pertemuan ini menjadi forum yang rutin dilakukan, agar melahirkan strategi serta konsep pertimbangan pakar di sektor hulu untuk upaya pencegahan. (Diskominfo/Redaksi)