Evaluasi Kabupaten Layak Anak, Pemkab Soppeng Gelar Verifikasi Lapangan

Bagikan Berita

Soppeng, Majalahpro.Co.Id — Pemerintah Kabupaten Soppeng melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Kabupaten Soppeng menggelar Evaluasi Kabupaten Layak Anak dengan menggelar Verifikasi  bersama seluruh OPD yang dilaksanakan di Aula Dinas P3APPKB Kabupaten Soppeng, Jum’at, (11.03.22).

Sekertaris Dinas P3APPKB, H.Andi Zulkifli Nurdin,SH mengatakan gugus tugas memiliki peran penting dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak, yang mana dalam hal ini adalah seluruh OPD yang ada.

Menurutnya, penilaian ini merupakan penilaian Kabupaten, sehingga sehinggga seluruh OPD berperan aktif dalam klaster-klaster sesuai arah kewenangannya.”

 

H. Andi Zulkifli Nurdin, SH Sekertaris Dinas P3APPKB menegaskan kembali bahwa KLA adalah sistem pembangunan kabupaten/kota yang mengintegrasikan komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk pemenuhan hak-hak anak.

 

“Dalam mencapai itu semua ada pembagian per klaster yang meliputi beberapa kelembagaan,” ujarnya.

 

Adapun diantaranya klaster 1 yaitu hak sipil dan kebebasan, klaster 2 adalah lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, klaster ke 3 adalah kesehatan dasar dan kesejahteraan, klaster ke 4 adalah pendidikan pemanfaatan waktu luang dan kegiatan seni budaya, dan klaster 5 yaitu perlindugan khusus, paparnya.

 

“Dari 5 klaster tersebut, Kabupaten Ciamis terbagi lagi didalamnya mencakup jadi 24 indikator KLA Kabupaten Ciamis tahun 2021, tambahnya.

 

Ia menginformasikan, bahwa hari ini sedang dilakukan verifikasi secara online yang mana dari ke 5 klaster tersebut akan kita tampilkan dan beberapa kolom pertanyaan di dalamnya harus dapat di isi atau terjawab dengan tepat oleh tiap OPD sesuai lokusnya.

 

Terakhir, H. Andi Zulkifli Nurdin, SH berharap semoga hasilnya nanti nilai KLA di Kabupaten Soppeng bisa terus meningkat, tandasnya. (Redaksi)