Cegah Penularan Covid dalam Rutan, Kini Giliran WBP Disuntik Vaksin Booster

Bagikan Berita
Soppeng, Majalahpro.Co.Id — Usai petugas Pemasyarakatan, kini giliran puluhan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang ada di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Watansoppeng mendapat suntikan vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster yang berlangsung di Kantor Rutan setempat, Sabtu (26/2/2022).
Pelaksanaan pemberian vaksin booster ini juga bersamaan dengan vaksinasi primer bagi warga binaan yang belum menjalani vaksinasi dosis kedua oleh Tim vaksinator dari Puskesmas Malaka Soppeng. Kegiatan vaksin dilaksanakan di Ruang Kunjungan Rutan Kelas IIB Watansoppeng Kanwil SulSel sejak pukul 11.00 WITA sampai dengan 15.30 WITA.
Kegiatan Vaksin Dosis 3 jenis Booster di Rutan Kelas IIB Watansoppeng, sejumlah WBP tidak ikut divaksin. setelah mendapat surat permohonan pada tanggal 18 Februari 2022 oleh perawat Rutan Kelas IIB Watansoppeng Kanwil SulSel, Surahman Paddese.
Kepala Tim Vaksinator adalah Fitriasyam, S.Kep.NERS mengatakan. Kami bersama dengan 8 orang anggota turun melaksanakan vaksin pada WBP Rutan Soppeng.  Dari keseluruhan jumlah pegawai Rutan Watansoppeng, 22 orang melakukan vaksin pada hari tersebut. Sedangkan ada 15 pegawai belum melakukan vaksin. Diantaranya karena memiliki riwayat penyakit jantung, belum memenuhi syarat vaksin yaitu belum 6 bulan sejak melakukan vaksin ke 2, dan ada 7 orang pegawai yang tidak masuk kantor pada hari tersebut.
Sedangkan warga binaan yang melakukan vaksin ada 75 orang, sebanyak 91 orang tidak divaksin karena 67 diantaranya belum melakukan vaksin ke 2 dan selebihnya memiliki riwayat penyakit dan belum bisa divaksin karena belum cukup 6 bulan sejak melakukan vaksin ke 2 ujarnya.
Pada kegiatan vaksin ini, beberapa warga binaan yang belum vaksin dilakukan vaksin Sinovac. Sedangkan untuk pegawai seluruhnya dilakukan vaksinasi booster. Hal ini sesuai dengan perintah Kepala Kantor Wilayah Kementetian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Harun Sulianto, untuk mempercepat proses vaksin booster di UPT Pemasyarakatan se Sulawesi Selatan  pungkasnya.
Kepala Rutan Kelas IIB Watansoppeng Kanwil SulSel, Rusdi, mengatakan “Semoga dengan adanya kegiatan vaksinasi ini kita semua dapat terlindungi dari serangan Covid rasa baru yaitu Omicron, baik WBP nya maupun pegawainya.”
lebih jauh Karutan Kelas IIB Soppeng, Rusdi mengungkapkan bahwa, pemberian vaksinasi booster yang terselenggara hari ini berkat kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng  yang diharapkan meningkatkan imunitas warga binaan maupun pegawai Rutan guna meminimalisir penularan dan pencegahan Covid-19 di lingkungan Rutan Soppeng. Pihaknya menyebutkan, dalam kegiatan vaksinasi booster ini diikuti oleh  75 orang WBP Rutan dari total 166 orang, 91 orang tidak divaksin karena 67 diantaranya belum melakukan vaksin ke 2 dan selebihnya memiliki riwayat penyakit dan belum bisa divaksin karena belum cukup 6 bulan sejak melakukan vaksin ke 2 ujarnya.
Kegiatan vaksinasi ini dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Dan kegiatan vaksinasi ini dilakukan secara GRATIS tanpa dipungut biaya apapun. (Humas Rutan Soppeng/ Redaksi)