Bupati Soppeng : Festival Lagaligo Bukan Acara Ritual

Bagikan Berita

MAJALAHPRO, SOPPENG – Terkait masih adanya masyarakat yang salah paham dengan menggangap bahwa Festival Lagaligo sebagai Acara Ritual, membuat Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak angkat bicara.

Dalam pernyataanya, senin (10/12), Bupati Soppeng ini menjelaskan bahwa Pelaksanaan Festival Lagaligo ini merupakan bagian dalam rangka membahas dan mempelajari karya monumental i lagaligo yang telah mendunia.

“Dalam naskah i la galigo ada semacam petunjuk hidup yang lebih arif, bijaksana dan lebih baik yang bisa mempererat tali persaudaraan dan persatuan bangsa dan negara, Dan inilah yang nantinya akan kita bedah”

“Namun Tidak semuanya, Karena hanya yang bersifat mendidik dan yang bisa menjadi kearifan lokal saja yang kita laksanakan” tuturnya.

Sementara itu, terkait video kesurupan yang banyak beredar di sosmed yang menganggap festival lagaligo adalah sesat, menurut kaswadi hanya upaya untuk menggangu pelaksanaan festival lagaligo semata.

“Kesurupan yang di sosmed itu mungkin adalah pekerjaan jin kafir yang bisa saja menjadi alat untuk merusak pelaksanaan kegiatan Festival Lagaligo ini” pungkasnya. (id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *