Belum Ada Solusi, Nelayan Danau Tempe Masih Akan Dihantui Ikan Tokek

Bagikan Berita

MAJALAHPRO, SOPPENG – Ikan Tokek atau ikan Sapu Sapu sepertinya masih akan menjadi permasalah tersendiri bagi sejumlah nelayan yang mencari ikan di Danau tempe.

Belum adanya Solusi terkait permasalahan ‘Hama’ ikan tokek ini menjadi sebab.

“Saat ini, Belum ada solusi pasti untuk permasalahan Ikan Tokek di Danau Tempe, Provinsi yang berwenang mengurus semua hal terkait danau tempe saja sudah pusing, beberapa tim yang mereka kirim untuk datang mengambil sampel, nyatanya juga tidak memberikan solusinya” tutur Kepala UPTD BPPBIT Ompo Soppeng, A.Ongkeng, Selasa (27/11/2018).

Jika situasi ini terus berlanjut, maka A.Ongkeng memprediksi bahwa sekitar dua-tiga tahun yang akan datang maka seluruh Danau Tempe akan didominasi oleh Ikan Tokek ini.

“Nelayan sudah mengeluh, dua tahun terakhir ini mereka sudah sangat dirugikan dengan keberadaan ikan tokek di danau dan empang mereka”

“Dan salah satu rancangan yang menurut saya bisa dilakukan untuk mengurangi populasi ikan tokek ini adalah dengan dilakukanya kerjasama tiga daerah yaitu, Soppeng, Wajo dan Sidrap, Dimana bendungan yang ada di Wajo di Buka dulu, jika sudah dibuka maka danau akan kering, sehingga ikan tokek akan mati” tuturnya.

Meskipun tidak akan memusnahkan keseluruhan populasi ikan tokek, namun menurut A.Ongkeng cara ini bisa sedikit mengurangi Populasi ikan tersebut.

“Atau bisa juga dilakukan Pemanfaatan ekonomis, dimana masyarakat bisa memanfatkan ikan tokek ini sebagai olahan makanan ataupun mungkin pakan ternak”

“Namun itu semua masih rancangan saja, belum menjadi solusi pasti” pungkasnya. (Id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *