Bangun Kesadaran Bayar Retribusi Sampah, Kepala BPKPD Kumpulkan Aparatnya

Bagikan Berita

Soppeng Majalah Pro.Co.Id — Retribusi pelayanan persampahan/kebersihan dipungut atas setiap pelayanan persampahan/kebersihan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah. Prinsip dan sasaran dalam penetapan struktur dan besarnya tarif retribusi dimaksudkan untuk menutup biaya penyelenggaraan pelayanan antara lain biaya pengumpulan, pengangkutan dan pengelolaan sampah dan/atau pemusnahan sampah.

Berkaitan hal tersebut Kepala Badan Pengelola Keuangan Pendapatan Daerah (BPKPD) Soppeng mengumpulkan pejabat strukturalnya Kamis 31/10-2019 untuk membayar retribusi persampahan, mengingat kesadaran aparatur sipil negara (ASN)

Kepala BPKPD Soppeng Drs.H. Dipa, Msi kepada Majalah Pro.Co.Id mengatakan. Untuk kesadaran membayar persampahan  masih kurang sehingga asn diharapkan menjadi contoh bagi masyarakat harus membayar sampah. pembayaran atas jasa penyelenggaraan pelayanan persampahan/kebersihan. Retribusi kebersihan adalah iuran atau pemungutan yang dikenakan pada pemakai jasa kebersihan yang dipungut berdasarkan undang-undang yang dapat pula dipaksakan dengan memperoleh imbalan yang memperoleh imbalan yang dapat dinikmati secara langsung.

Lanjut Dipa mengatakan. Selaku pengelola Pendapatan Asli Daerah (PAD) melihat metode seperti ini cukup efektif utk menghimbau kepada bawahan dan membantu dinas terkait. Kepala bidan persampahan dan limbah B3 mengharapkan kepada teman2 skpd bisa membantu skpd pengelola sampah dgn cara sepeeti yg di tempuh oleh BPKPD ujarnya.(RH)