Bakti IGI Kab. Soppeng dalam menyambut Hardiknas 2020

Bagikan Berita
Soppeng Majalahpro.Co. Id — Peringatani Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas/HPN) 2020 dengan tema “Belajar dari Covid-19”. Ikatan Guru Indonesia (IGI) mempersembahkan kegiatan Workshop Pembuatan Formulir PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) Online yang dilaksanakan serentak secara online yang diikuti guru se-Sulsel dengan akumulasi kisaran 2700 peserta dari 24 Kabupaten termasuk Kab.Soppeng dan kota yang dilaksanakan hari Jumat 1 Mei 2020.
Berkat kerja keras dari para Pengurus Daerah IGI Kab. Soppeng yang telah mempersiapkan kegiatan workshop online selama 3 har ini sampai menuju hari H-nya. Jumat, 01 Mei 2020. Proses pendaftaran peserta workshop yang telah dibuka secara daring mulai 2 hari sebelum hari H dan telah mendapat antusiasme yang tinggi dari para peserta.
Hingga saat hari H, peserta yang telah terdaftar sebanyak hampir 300 orang dan telah melebihi kapasitas dari yang ditargetkan 100 oleh penyelenggara workshop. Dan peserta yang mendaftar di pangkalan panitia PD IGI Kab.Soppeng ternyata sangat diminati dari berbagai luar daerah dan pulau, diantarnya mulai dari Aceh, Sumbar, Kalbar, Sultra, Papua, Luwuk Banggai, Ambon, Bone, Pinrang, Sidrap, Barru, Bulukumba, Wajo, Mksr, Dosen, Mahasiswa dan Soppeng. Akibat membludaknya peserta yang memdaftar maka panitia menyiapkan 2 room conference yang dimoderatori oleh Muh. Arfan Mubarak,S.Pd dan Rahmil Humaira, S.Pd.M
Pd , serta panitia menyiapkan pemateri Nasional diantaranya Agus Salim, S.Pd
Ketua IGI Kab.Soppeng Dr. Nur Alim, M.Pd. dalam pesan WhatsAppnya mengatakan bahwa kegiatan Workshop ini sebagai aktivitas alternatif untuk memperingati dan memeriahkan Hardiknas yang dapat dilakukan secara kreatif, menjaga dan membangkitkan semangat para tenaga pendidik untuk terus meningkatkan Kompetensi di masa darurat Covid-19, mendorong perlibatan dan partisipasi publik serta mematuhi protokol kesehatan pencegahan dan penyebaran Covid-19 ujarnya.
Ditambahkan pula bahwa setelah mengikuti kegiatan ini sedapat mungkin bisa diaplikasikan dan diterapkan di wilayah kerjanya masing-masing guna mendukung suksesnya pelaksanaan PPDB 2020 pada saat merebaknya wabah Covid-19.
Apalagi sudah menjelang tahun ajaran baru, sekolah akan disibukkan dengan kegiatan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru). Sudah barang tentu, ada petunjuk teknis yang telah diberikan oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di tingkat pusat sampai dengan Dinas Pendidikan di tingkat daerah pungkasnya.
Lanjut Ketua IGI Soppeng mengatakan. Dengan penerapan PPDB Online ini bisa membantu sistem yang dirancang sebagai sumber / pusat informasi dan pengelolaan proses seleksi penerimaan siswa baru jenjang TK, SMP, SMA, dan SMKĀ  mulai dari proses pendaftaran, proses seleksi sampai dengan pengumuman hasil seleksi berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dilakukan secara online jelas Nuralim Ketua IGI Soppeng. (Redaksi)