Ahyar. Atasi Kekurangan Air Bendungan Ara Solusinya

Bagikan Berita

Soppeng, Majalahpro.co.id — Bendungan Ara bakal menjadi solusi penyediaan air baku baru untuk memenuhi kebutuhan air bersih di wilayah Kabupaten Soppeng, Pemerintah Kabupaten Soppeng mulai mempertimbangkan pemindahan sumber air baku untuk keperluan produksi air bersih karena kondisi mata air Ompo yang sering berkurang utuk pasokan dalam kota Watansoppeng.

Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Soppeng Andi Ahyar Saransi di ruang kerjanya Kamis 5/9-2019 mengatakan pesatnya pertumbuhan penduduk dan pembangunan di Kabupaten Soppeng  menyebabkan kebutuhan air baku semakin bertambah. Selain mengupayakan solusi atas kondisi tersebut dihadapkan pada kondisi sulitnya memperoleh air baku. Bukan karena kuantitasnya, tapi kualitasnya yang menjadi persoalan.

“Meningkatnya kebutuhan air domestik tersebut berimbas terhadap kekurangan air bersih yang bakal teratasi kelak pada Bendungan Ara ini rampung,” katanya, Bendungan Ara rencananya akan dibangun kapasitas air baku, khususnya di Kota Watansoppeng, Ganra, Donri-Donri adalah sebesar 4,27 meter kubik per detik, sedangkan kebutuhan air baku di tahun 2018 adalah 10,02 meter kubik per detik.

“Kondisi ini menandakan wilayah Kabupaten Soppeng mengalami defisit sebesar 5,75 meter kubik per detik sehingga membutuhkan sumber air baku baru,” ujarnya.

Menurut dia dalam rangka mengembangkan infrastruktur untuk penyediaan air baku dan konservasi sumber daya air di Wilayah Kabupaten Soppeng, rencananya akan dibangun Bendungan Ara.

Bendungan tersebut juga memiliki potensi pembangkit listrik sebesar 0,65 megawatt. Selain itu juga dapat dijadikan sebagai destinasi wisata dan konservasi sumber daya air.

Ia menyebut penyediaan air ini merupakan salah satu program strategis kepemimpinan Bupati Soppeng H.A. Kaswadi Razak yang telah disiapkan masterplan pengelolaan air di Kabupaten Soppeng dengan memasukan seluruh potensi yang ada. (Red)