Pembuatan Souvenir dari Limbah Lingkungan pada Santri Pontren Wisata Al-Quran Pangkep

Bagikan Berita

Foto: Dokumen UNM

 

Oleh : LP2 UNM

Tujuan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dari DRPM Kemenristek Dikti tahun 2019 melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar yaitu Penerapan Souvenir dari Limbah Lingkungan pada Santri Pondok Pesantren Wisata Al-Quran Pangkep karena selama ini santri hanya belajar agama belum ada materi pelatihan keterampilan pembuatan Souvenir dari Limbah Lingkungan dengan harapan setelah santri terampil membuat souvenir dan dipasarkan sehingga dapat menghasilkan uang untuk kehidupan dorinya sendiri dan kebutuhan pondok pesantren.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dilaksanakan di lokasi pengabdian oleh Sahade, S.Pd, M.Pd dkk dan di lakukan Monev Internal oleh Ketua LP2M UNM bapak Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani A. Rauf, MT.

Kegiatan PKM ini melatihkan keterampilan pembuatan souvenir dari limbah lingkungan yang dapat bernilai seni dan bernilai ekonomi.

Kelompok santri (mitra) dalam pelatihan pembuatan souvenir dari limbah lingkungan yang belum pernah didapatkan oleh santri sehingga setelah santri terampil membuat souvenir dari limbah lingkungan dapat berwirausaha souvenir dan dapat menghasilkan uang untuk kebutuhan dirinya sendiri dan kebutuhan pondok pesatren secara umum. (**)